Senin, 20 Juli 2015

Inilah 12 Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal

Beberapa obyek wisata di Jogja yaitu destinasi favorite yang ada pada daftar obyek wisata di Indonesia, populer di kelompok domestik sampai beberapa turis mancanegara. Jogja yaitu daerah wisata dengan pelbagai kekhasan serta kekayaan budaya yang menakjubkan. Diluar itu, lokasi yang di pimpin oleh seseorang sultan itu juga mempunyai keindahan alam yang memikat dan kehidupan orang-orang lokal yang unik.

Di Jogja, Anda bisa menjumpai dua landmark yang sudah dinyatakan UNESCO juga sebagai warisan kebudayaan dunia, yaitu Borobudur serta Prambanan. Candi Borobudur yaitu salah satu keajaiban dunia. Sesaat Candi Prambanan yaitu candi Hindu termegah yang ada di Indonesia, adalah yang paling besar juga di lokasi Asia Tenggara. Tidak kurang juga apabila Anda mengeksplorasi keindahan alam wisata Gunungkidul sampai pesona wisata Kaliurang di kaki Gunung Merapi yang menawan itu.

Pesona obyek wisata di Jogja bahkan juga bisa Anda jumpai dengan pengalaman wisata berbelanja serta mencicipi aneka kuliner Jogja yang memikat. Beli sebagian oleh-oleh khas Jogja yaitu salah satu aktivitas yang umum dikerjakan wisatawan yang pernah menginjakkan kaki di kota yang dimaksud sebagai Kota Pelajar ini.

Statistik kepariwisataan Jogja menunjukkan bahwa perkembangan kunjungan wisata ke Jogja alami perkembangan rata-rata tiap-tiap th. sebesar 5. 8% selama 2005 – 2012. Kunjungan wisata Jogja di th. 2012 mencatatkan angka 3. 4 juta turis domestik serta 148 ribu turis mancanegara.
Tempat Wisata di Jogja

Di bawah ini yaitu beberapa obyek wisata di Jogja yang paling populer serta adalah destinasi wisata Jogja yang menarik untuk dikunjungi.
1. Candi Prambanan

Inilah candi Hindu paling besar di lokasi Asia Tenggara, berketinggian 47 mtr. serta sudah dinyatakan juga sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia pada th. 1991 oleh UNESCO. Inilah juga candi Hindu paling megah yang ada di Indonesia. Candi Prambanan ini terdapat di perbatasan pada 2 propinsi, yaitu Jogjakarta serta Jawa Tengah. Tempat wisata Jogja ini mempunyai pemandangan nan memikat, sungguh eksotik di saat senja ketika sinar matahari menyinari bangunan candi dengan gradasinya yang menakjubkan. Dari dekat, Anda bisa melihat panorama arsitektur serta design candi yang demikian indah.

Candi Prambanan yaitu suatu obyek wisata di Jogja dengan kisah yang tua. Letak posisi candi Jogja yang satu ini dengan Candi Borobudur tidaklah berjauhan, hal semacam ini memberi pesan kuat bahwa mulai sejak jaman dulu sudah berlangsung keselarasan antar pemeluk agama Buddha serta Hindu di tanah Jawa.

Histori Candi Prambanan diawali pada th. 850 Masehi, pertama kalinya di bangun oleh Rakai Pikatan dari Dinasti Syailendra yang berkuasa pada saat itu. Berdasar pada Prasasti Shivagrha yang berangka th. 856 Masehi, candi di Jogja yang satu ini di bangun untuk menghormati Dewa Siwa. Masih tetap berdasar pada prasasti, Candi Prambanan awal mulanya diberi nama Shiva-grha, yang berarti Rumah Siwa, serta setelah itu dimaksud sebagai Shiva-laya, yang bermakna Kerajaan Siwa.

Di lokasi wisata candi Jogja ini, ada kompleks besar bangunan candi yang tunjukkan bahwa Candi Prambanan yaitu pusat aktivitas pemujaan serta acara keagamaan. Penemuan reruntuhan Candi Boko yang terdapat cuma 5 km arah selatan dari tempat Candi Prambanan menyatakan bahwa lokasi seputar candi yaitu pusat pemerintahan kerajaan Mataram Hindu dari Dinasti Sanjaya. Butuh di ketahui, Candi Boko yaitu sisa kompleks istana Kerajaan Mataram Hindu pada saat itu menurut bukti-bukti histori serta adalah pusat pemerintahan.

Rasa hormat yang besar dari orang-orang lokal pada candi ini menimbulkan legenda Roro Jonggrang yang populer itu.

2. Pantai Parangtritis

Berjarak seputar 28 km dari pusat kota Jogja, Pantai Parangtritis yaitu pantai di Jogja dengan deburan ombak yang cukup besar, mempunyai tebing batu yang menjulang tinggi serta berhampar pasir vulkanis hitam yang kemilau ketika didera cahaya matahari.

Menurut cerita serta kepercayaan orang-orang lokal, pantai Jogja yang satu ini yaitu juga tempat yang anggap suci atau keramat. Berdasar pada legenda, pantai ini yaitu tempat tinggal Kanjeng Ratu Kidul, penguasa Pantai Selatan yang populer dengan bajunya yang berwarna hijau. Oleh karenanya, pengunjung pantai dilarang memakai baju warna hijau saat ada di lokasi pantai Parangtritis ini.

Gemuruh ombak serta hawa pantai yang sejuk yaitu daya pikat yang ada ditempat wisata Jogja yang satu ini. Sebagian bukit hijau nan subur yaitu suguhan panorma yang menaikkan daya pikat pantai Parangtritis. Bila sukai, Anda bisa pergi ke Parangwedang, suatu tempat sumber air panas di Jogja serta Anda bisa merendam badan untuk memperoleh kesegaran. Diluar itu, bersantai di gubug yang berjejer di tepi pantai yaitu pengalaman menarik ketika nikmati wisata pantai di Jogja yang satu ini.

3. Resor Kaliurang

Inilah suguhan panorama hijau nan memikat dengan hawa yang demikian sejuk di Jogja. Wisata Kaliurang yaitu salah satu tempat paling baik untuk melepas diri dari keramaian kota serta macam kesibukan sehari-hari. Ada di dataran tinggi dengan ketinggian 900 m dpl, hawa sejuk sungguh beri kesegaran untuk badan.

Salah obyek wisata di Jogja ini tawarkan beberapa aktivitas wisata menarik, salah satunya berenang, berjalan-jalan, serta bersantai. Tempat paling baik untuk berenang yaitu air terjun Telogo Muncar serta kolam renangnya. Menyusuri tiap-tiap segi resor Kaliurang ini yaitu pengalaman wisata menarik yang bisa Anda dapatkan. Untuk beberapa penggemar gunung, resor ini yaitu juga tempat bermalam untuk mereka yang mau medaki ke Gunung Merapi.

4. Malioboro

Inilah jalan di Jogja sebagai salah satu pilihan favorite beberapa penikmat perjalanan untuk menggunakan saat di Jogja. Di selama jalan Malioboro, Anda bisa belanja ria serta memperoleh salah satu barang unik khas Jogja. Bila sukai, Anda bahkan juga bisa menyusuri beberapa toko yang ada di pasar Beringharjo waktu siang hari. Lokasi Malioboro ini yaitu salah satu maksud wisata berbelanja Jogjakarta yang populer.

Tahukah Anda, Jalan Malioboro awalannya dipakai juga sebagai rute upacara serta membuat suatu garis lurus bila ditarik dari Keraton Yogyakarta ke Gunung Merapi.

Di Malioboro, Anda bahkan juga bisa nikmati sajian kuliner atau menyantap hidangan di lesehan. Pada malam hari, kuliner angkringan Jogja bisa Anda nikmati di lokasi ini. Malioboro yaitu destinasi favorite di Jogja, yang bahkan juga cuma dengan duduk bersantai di depan Monumen Serangan 11 Maret, Anda bisa nikmati situasi Malioboro yang memikat.

5. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta yaitu misal paling baik karya arsitektur tradisional Jawa yang paling menarik. Keraton ini usai di bangun pada th. 1790. Inilah pusat aktivitas kesultanan di Jogja. Sultan Yogya yaitu gubernur di propinsi Yogyakarta, sekalian juga yaitu kepala budaya di Jogja yang dihormati serta di cintai oleh semua orang-orang Jogja.

1 komentar:

  1. Memang Jogja Punya banyak sekali tempat wisata yang akan memanjakan mata. saya paling senang kalau berlibur di malioboro,, memang sulit untuk dilupakan..
    terima kasih ya,,sudah mengingatkan saya tentang keindahan tempat wisata di jogja.
    silahkan berkunjung ke blog kami ya
    Jual Teh Blesstea Murah - Teh Blesstea - Teh Hitam Blesstea

    BalasHapus